Cacti #1 : Install Cacti di Debian Jessie

Cacti adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk kebutuhan monitoring dengan menggunakan cacti report yang kita terima berupa diagram yang didapat dari rrdtool. langkah – langkah installasi cacti di debian 8 ( Jessie ) adalah sebagai berikut.

Seperti yang telah saya tuliskan di atas bahwa untuk diagram cacti memanfaatkan aplikasi rrdtool dan data yang ditampilkan ada data yang didapatkan dari SNMP dimana SNMP adalah protokol yang digunakan untuk memonitor device – device yang terhubung ke jaringan akan kondisi – kondisi systemnya yang penting. Sebagai contoh penggunaan CPU, penggunaan harddisk, penggunaan memory, traffic jaringan dan lain-lain. Untuk device-device yang dapat dipantau adalah device-device seperti PC, Server, atau router. Sedangkan Operating System bisa Linux, *Nix, Windows, atau yang lain.

Dan sebelum mengginstall cacti kita pastikan bahwa LAMP ( Linux, Apache, Mysql, PHP ) sudah terinstall dengan baik. selanjutnya kita install rrdtool dan snmp dengan menjalankan perintah seperti dibawah ini.

apt-get install rrdtool snmp snmpd

selanjutnya kita install cacti dengan perintah

apt-get install cacti cacti-spine

pada proses penginstallan cacti akan tampi beberapa kotak dialog antara lain adalah

configuring libphp-adodb pada bagian ini pilih ok

Selanjutnya adalah Configuring database cacti pilih yes

masukan password database

Memilih web server

selanjutnya adalah akses cacti dari browser http://ip_server/cacti maka akan tampil seperti dibawah ini

Apabila sebelumnya belum terinstall cacti pada bagian “Please select the type of installation” pilih new install dan klik next

selanjutnya klik Finish

apabila berhasil maka akan tampil seperti dibawah ini

silahkan login dengan username : admin dan password : admin, setelah itu anda di minta untuk mengganti passwor cacti anda dan setelah itu baru masuk ke halaman cacti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux